Senin, 29 Desember 2008

Dinamika Blackhole

Saat menghisap benda-benda disekitarnya, Blackhole bagaikan sebuah mesin jet di pesawat terbang, yang menghisap udara di depannya dan membuang gas buang (emisi) ke belakang. Blackhole menghisap benda di sekitarnya dalam bidang cakram, dan melontarkan anti-partikel keluar (Hawking Radiation)





Berdasarkan hukum fisika, dengan meningkatnya gaya gravitasi maka dimensi waktu menjadi melebar, artinya dimensi waktu secara relatif menjadi lebih lambat. Di pusat black hole, besaran gravitasinya tidak terhingga sehingga dimensi waktu menjadi tak terhingga. Kondisi inilah yang disebut dengan kondisi singularity.

Kemasifan black hole yang sangat tinggi ini menyebabkan temperatur di dalamnya sangat tinggi. Black hole dengan massa sebesar matahari kita, diperkirakan mempunyai suhu sebesar 1031 OK. Setara dengan 1,000,000,000,000,000,000,000,000. atau 10 pangkat 24 kali panas matahari.

Selain menghisap dan melemparkan anti partikel keluar, para ahli fisika menghitung adanya aktivitas evaporasi (penguapan) dari Black Hole. Evaporasi ini berjalan sangat lambat yang berarti secara perlahan akan mengurangi ‘isi’ Black Hole. Untuk sebuah black hole dengan massa sebesar matahari kita, proses terjadinya evaporasi akan menamatkan riwayatnya dalam waktu 10^67 (sepuluh pangkat enam puluh tujuh) tahun.

.

Tidak ada komentar: