Selasa, 30 Desember 2008

Lamanya Kehidupan Surga

Berapa lamakah periode kehidupan Surga ?
Yang jelas, waktu evaporasi yang dibutuhkan untuk menghabiskan sebuah blackhole yang massanya setara dengan massa matahari kita, membutuhkan waktu 10 pangkat 67 tahun (ada 67 angka nol berjejer di belakang angka 1)

Saat ini ada blackhole yang berasal dari salah satu bintang yang sudah mati di Galaksi kita (Galaksi Melky Way), lokasinya sekitar 3 tahun dari Afitarius A*. Blackhole ini mempunyai massa sekitar 1300 massa matahari.

Lalu di pusat Galaksi kita ada Blackhole dengan massa lebih dari 2 milyar massa matahari.


Lalu para astronom telah melihat Blackhole di Konstalasi Ursa Major yang berjarak 12.7 milyar tahun, dengan massa sekitar 10 milyar massa matahari.


Aku tak tahu berapa waktu evaporasi yang dibutuhkan untuk menghabiskan blackhole sebesar ini.
Yang jelas menurut para kosmologis, formulanya adalah



Nah, sekarang bayangkan kalau Galaksi Melky Way terdiri dari 200 milyar bintang (termasuk 1 matahari kita) dan telah menghisap seluruh bintangnya beserta planet2 dan benda langit langit lainnya, berapa massa blackhole itu? Berapa waktu dihabiskan untuk evaporasi blackhole itu?

Lalu Blackhole Gelembung Big Bang yang mempunyai trilyunan galaksi. akan menghisap seluruh benda yang ada di dalam Gelembung Big Bang

Dan Biang Blackhole yang merupakan cikal bakal neraka. Menghisap seluruh Ard dan Langit.

Entah berapa lama Neraka akan terevaporasi. Apakah 10 pangkat triliun tahun? Atau lebih?
Selain lama, Neraka juga pasti sangat-sangat panas. Dengan perbandingan massa matahari tadi, kalau blackhole dengan massa sama dengan massa matahari mempunyai panas 10^31 derajat Kelvin. Bayangkan blackhole yang lebih besar, Biang Blackhole. Hii pasti panas. Wong jalan di siang hari sudah panas, bagaimana di Neraka?


Lalu surga yang sejuk, yang proses evaporasinya jauh lebih lambat dari Neraka. Berapa lama Surga akan habis terevaporasi? Pasti saangatlah lama. Dan saat ini sulit dibayangkan lamanya. Kekal tapi tidak Maha Kekal.

.

Tidak ada komentar: